Jumat, 06 Februari 2015

Cara Aman Memberi Yogurt untuk Anak


Anak-anak pasti sangat suka yogurt. Apalagi dengan aneka rasa buah dan warna-warni menarik. Makanan yang satu ini memang sehat dan menyegarkan. Namun, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat kita memberikan asupan yogurt kepada buah hati kita, berikut ulasannya:


  1. Berikan yogurt hanya untuk anak di atas 1 tahun. Saluran pencernaan anak di bawah satu tahun, tentulah masih sangat sensitif. Karena itu pemberian jenis makanan perlu diperhatikan benar.
  2. Perhatikan komposisi bahan. Pilihlah yogurt jenis tawar (plain).Yogurt paling natural hanya menyebutkan dua bahan yaitu susu dan kultur bakteri. Saat daftar bahan semakin bertambah panjang, Anda akan menemukan beberapa bahan-bahan buatan seperti carageenan, malic acid, gelatin, pewarna, dan perisa.
“Yogurt bisa dikonsumsi anak-anak, karena bermanfaat untuk membantu sistem pencernaan. Bisa diberikan dua kali sehari, namun jika si kecil tidak mengalami intoleransi laktosa. Sebaiknya pilihkan jenis yogurt tanpa bahan tambahan agar lebih alami.” jelas Atin Nutafiatin, ahli gizi My Meal Catering dalam lansiran detikFood.

  1.  Jangan beli yogurt yang disimpan dalam suhu ruangan. Bakteri dalam yogurt perlu lingkungan dingin untuk tetap bertahan. Saat yogurt terkena hawa panas maka bakteri di dalamnya akan mati dan manfaat nutrisi yogurt menjadi berkurang
  2. Perhatikan takaran asupan. Jika usianya sudah lebih dari satu tahun yogurt sudah bisa diberikan sebanyak dua kali sehari, dengan takaran saji sekitar 1 cup kecil (100 ml). Family Food melansir bahwa anak-anak bisa diberikan yogurt sebanyak 113 gram per hari. Jumlah ini diketahui cukup untuk mencukupi kebutuhan kalsium dan protein si kecil. Menurut Gregory D. Miller, seorang penulis “The Handbook of Dairy Foods and Nutrition,” jumlah kalsium dalam yogurt dapat memenuhi kebutuhan kalsium anak usia 2-4 tahun.
  3. Tambahkan topping buah-buahan. Topping buah-buahan segar seperti kiwi, mangga, stroberi, atau pisang, dapat meningkatkan asupan antioksidan dan kandungan serat yang dibutuhkan si kecil. Selain itu tambahan buah-buahan ini membuat sajian yogurt ibu semakin menarik dan tampak lezat. 
FroZSien Yogurt on Wheel • JLN.Kebangkitan Nasional (Penumping) start from 10.00 am - 15.00 am • Eat Well Live Well •

FroZSien Yogurt on Wheel • JLN.Sutan Syahrir,Widuran,Solo start from 04.30 pm - 09.00 pm • Eat Well Live Well •

Tidak ada komentar:

Posting Komentar